Back to top | Ask

to top

Ask

Pengawasan Higienitas Bahan Pangan


Uji Residu Protein pada Permukaan

Permukaan pada produksi pangan seringkali dikontaminasi dengan protein, terutama pada industri pengolahan daging. Biocontrol Indonesia menyediakan uji residu protein FLASH untuk melihat efektivitas pembersihan. Alat ini menyeka permukaan tempat preparasi makanan dan mendeteksi apakah residu makanan telah dihilangkan melaui proses pembersihan. Pengujian hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 detik sehingga memungkinkan untuk melakukan tindakan koreksi apabila proses pembersihan belum efektif. Metode menggunakan prinsip kolorimetri dimana terjadi perubahan warna dari kuning menjadi biru untuk mengindikasikan adanya residu protein. Hasil dari FLASH tidak subjektif terhadap interpretasi personal dari penggunanya. FLASH tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun dan dapat digunakan oleh semua orang tanpa memerlukan pelatihan.



Uji Higienitas Permukaan, Biocontrol Lightning MVP Icon Luminometer

Biocontrol Indonesia memperkenalkan alat terbaru untuk mengukur tingkat higienitas permukaan, yaitu MVP ICON. Model generasi terbaru ini dirancang dengan sensitivitas yang lebih baik dan digabungkan dengan program yang mudah untuk dioperasikan untuk menangani HACCP, audit ISO, dan memantau tingkat kebersihan di fasilitas produksi. Parameter lain yang bisa diukur ialah temperatur, pH, konduktivitas, dan konsentrasi disinfektan sehingga memungkinkan pengecekan multiparameter dalam satu alat di tempat produksi. Pabrik produksi yang bersih ialah syarat awal untuk produksi makanan yang aman. Pengecekan dengan luminometer ATP dapat memberikan jawaban cepat atas pertanyaan inspeksi seperti “Apakah sudah aman untuk menjalankan proses produksi kembali ?”. Awal yang bersih merupakan hal yang paling penting untuk memproduksi makanan yang aman dan menjaga nama baik merk / brand. MVP ICON mengukur jumlah ATP yang ada d permukaan pada daerah produksi pabrik. ATP ialah molekul penyimpanan energi yang digunakan oleh seluruh sel hidup dan tertinggal dari sisa proses produksi sebelumnya akibat pembersihan yang kurang baik. Alat swab akan mengambil molekul ini dan direaksikan dengan enzim luciferase dan substrat luciferin untuk menghasilkan cahaya. Cahaya ini yang diukur menggunakan fotometer dan nilainya sebanding dengan tingkat kontaminasi. ATP digunakan untuk mengukur tingkat kebersihan pabrik oleh berbagai perusahaan makanan maju di dunia. Hasilnya tersedia secara langsung dan memungkinkan untuk mengambil tindakan koreksi dengan cepat, tidak seperti plate count di media kultur yang membutuhkan proses 24 jam. Keberadaan disinfektan / sanitizer akan mempengaruhi pembacaan MVP ICON. MVP ICON dapat digunakan dengan 2 macam alat sampling, swab permukaan dan swab cairan. Swab permukaan hanya membutuhkan satu langkah, aktivasi dengan satu tangan, sehingga operator dengan leluasa bisa melakukan kegiatan lain. Seluruh reagen tersimpan dalam alat. Alat swab cairan memungkinkan operator untuk mengambil ATP dari sampel cair, seperti air bilasan cleaning in process (CIP) langsung dari sumbernya tanpa membutuhkan pipet atau kontainer.



VIDEO


Biocontrol MVP icon atp hygiene test



FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

................................................................................................................................................

................................................

Apakah perlu dilakukan kalibrasi ICON untuk setiap pabrik yang berbeda ?

Answer

Apakah MVP ICON mengukur jumlah bakteri ?

Answer

Apakah kegunaan dari MVP ICON ?

Answer

Berapa lama pengukuran dilakukan ?

Answer

For more information on the above tests contact the friendly Arasains sales staff or fill in the enquiry form.

For more questions ask Dr Lee

Caution : not all question can or will be answered

BACK TO PRODUCT PAGE